Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Covid-19 Kalteng Sebut 4 Varian Virus Perlu Diwaspadai

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 September 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan imbauan satgas pusat terkait varian virus yang perlu diwaspadai.

“Mengenai Variant of Concern (VOC), ada 4 varian yang harus diperhatikan,” kata Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi dalam rilisnya, Rabu, 15 September 2021.

Satgas menjelaskan 4 varian tersebut terdiri dari varian A (alpha) atau B.1.1.7 bersifat lebih menular dan lebih berpeluang menyebabkan keparahan gejala.

Kemudian, varian Beta (B.1.351) dan gamma (P.1) bersifat lebih menular dan meningkatkan risiko kebutuhan perawatan di rumah sakit.

Lalu, varian Delta (B.1.617.2) bersifat lebih menular bahkan bagi orang yang telah tervaksin serta meningkatkan risiko kebutuhan perawatan di rumah sakit.

Seperti diketahui, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah membagi 2 kategori utama jenis varian Covid-19.

Covid-19 jenis Variant of Concern (VOC) atau varian yang menjadi perhatian yang terdiri dari empat varian diatas, dan Variant of Interest (VOI) atau varian yang diamati. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru