Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WHO Catat 5 Varian Covid-19 dengan Status VOI

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 September 2021 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan informasi dari Satgas pusat tentang adanya 5 varian virus covid-19 yang sedang diamati.

“World Health Organization (WHO) melaporkan ada 5 Variant of Interest (VOI) yang sedang diamati,” sebut Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi dalam data rilisnya, Rabu, 15 September 2021.

Varian yang sedang dalam pengamatan tersebut adalah varian Eta (B.1.525), Iota (B.1.526), Kappa (B.1.517.1), Lambda (C.37) dan Mu (B.1621).

Varian VOI tersebut diprediksi dapat mempengaruhi karakteristik virus dilihat dari perubahan genetiknya maupun perubahan transmisi di komunitas termasuk memunculkan klaster kasus di beberapa negara.

“Terkait Variant of Interest (VOI) ini, respon menghadapinya ialah terus memantau perkembangan dari WHO,” tambahnya.

Satgas menyampaikan ada 2 kemungkinan yang dapat terjadi seiring studi lanjutan yaitu berubahnya status VOI menjadi Variant of Concern (VOC) sepeti pada varian delta atau statusnya menjadi tidak aktif di suatu wilayah.

“Untuk itu jangan terlalu panik dan tetap waspada dengan terus meningkatkan Kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

 

Berita Terbaru