Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cukup Tingkatkan Kewaspadaan, Tak Perlu Takut Berlebih Terhadap Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 September 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan imbauan untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap covid-19.

Namun jangan sampai menimbulkan ketakutan berlebih terhadap berbagai varian covid-19 yang selama ini terus bermutasi menjadi beberapa jenis.

“Varian Covid-19 seperti Variant of Concern (VOC) yang berdampak terhadap efektivitas vaksin perlu ditanggapi dengan cermat, yaitu meningkatkan kewaspadaan tanpa ketakutan berlebih dan terus melakukan pembelajaran serta perbaikan tiada henti,” kata Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi dalam rilisnya, Rabu, 15 September 2021.

World Health Organization (WHO) juga memantau varian-varian yang memiliki perubahan pada materi genetik namun pengaruhnya pada angka kasus di masyarakat belum jelas sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

Kategori tambahan ini disebut alert for further monitoring salah satunya dari Indonesia yaitu B1.4662 yang ditetapkan pada kategori tersebut pada April 2021.

Satgas menyampaikan, ke depannya dengan seiring hidup berdampingan Covid-19, pemerintah berkomitmen meningkatkan surveilans atau pencatatan kasus.

Selain itu, pemerintah akan meningkatkan kapasitas sequencing, menyampaikan informasi sebaran varian di Indonesia secara transparan serta antisipatif mendeteksi kasus yang tidak biasa di lapangan. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru