Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Imbau Masyarakat Dukung Relokasi Kawasan Banjir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 September 2021 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bencana banjir sudah menjadi langganan di beberapa wilayah kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat hujan dengan intensitas tinggi melanda.

Kondisi ini menarik perhatian Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing. Dia berharap masyarakat nantinya bisa mendukung jika pemerintah mengambil kebijakan relokasi.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap nantinya masyarakat tidak mempersulit diri jika ada penawaran program relokasi dari pemerintah. 

"Dengan pindah ke lokasi yang lebih baik dan jauh dari bencana akan memberikan sejumlah kemudahan bagi masyarakat, mulai dari pelayanan kesehatan, pendidikan, dan lainnya," sebutnya, Rabu 15 September 2021.

Dia juga mengingatkan pemerintah untuk merencanakan dengan matang jika akan merelokasi warganya, baik terkait lokasi maupun fasilitas pendukung.

“Kita harus punya data, setahu saya ada program pusat soal relokasi, tinggal daerah yang menyiapkan lokasinya. Tentu saja, lokasinya harus di daerah yang memang bebas banjir," tuturnya.

Duwel mencontohkan seperti wilayah Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, selain beberapa wilayah banjir di sana banyak daerah tinggi yang bebas banjir, bahkan jalan pun sudah ada. Sedangkan terkait profesi menurutnya tidak akan menjadi masalah.

"Meskipun profesi sebagai nelayan tidak harus kan tinggal di sungai, apalagi sampai bawa keluarga. Itu nanti akan menyulitkan diri sendiri, anak jadi susah untuk bersekolah atau sulit mendapat pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru