Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Covid-19 Berpotensi Tingkatkan Prevalensi Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 16 September 2021 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa pandemi covid-19 berpotensi meningkatkan prevalensi stunting di Bumi Gawi Barinjam.

"Pandemi covid-19 sudah berlangsung hampir 2 tahun, ini tentunya sangat berpengaruh dan berdampak kepada berbagai bidang kehidupan kita," kata Windu Subagio, Rabu, 15 September 2021.

Menurutnya, masalah yang muncul mulai dari perekonomian, pelayanan kesehatan dan pemenuhan pangan dan gizi masyarakat, sehingga dampak tersebut dinilai berpotensi terhadap peningkatan prevalensi stunting.

"Dengan demikian, saya berharap kepada seluruh kepala perangkat daerah dan stakeholder terkait yang didukung oleh kecamatan dan desa melalui kader-kader untuk melakukan inovasi," ucap Windu.

Juga dapat meningkatkan kreativitasnya, sehingga kewajiban pemerintah daerah dalam menjamin upaya pemenuhan gizi masyarakat, khususnya bagi kelompok seperti ibu hamil dan menyusui serta balita dapat terpenuhi.

"Selain itu juga dengan melakukan intervensi baik spesifik oleh dinas kesehatan maupun intervensi sensitif oleh perangkat daerah terkait," ujarnya.

Windu menambahkan, berdasarkan data tahun 2020 bahwa prevalenai stunting di Kabupaten Sukamara masih berada dibawah prevalensi Provinsi Kalimantan Tengah dan prevalensi nasional yaitu sebesar 16,27 persen.

"Kendati demikian bahwa permasalahan strategi ini tetap menjadi perhatian serius pemerintah Sukamara," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru