Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Timur Siaga Darurat Banjir 14 Hari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 September 2021 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur menetapkan siaga darurat banjir selama 14 hari mulai tanggal 15 hingga 28 September 2021.

"Dengan status siaga darurat, hari ini kami akan melakukan koordinasi dengan dinas sosial untuk menyusun rencana penyaluran bantuan sosial bagi warga yang terdampak banjir," ujar Kepala Pelaksana BPBD Damkar Riza Rahmadi di Tamiang Layang, Kamis, 16 September 2021.

BPBD Damkar juga akan membangunkan posko-posko atau dapur umum di wilayah rawan banjir dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

Riza mengatakan, akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak dini hari hingga siang kemarin, sebanyak 6 desa/kelurahan di 3 kecamatan mengalami banjir.

"Banjir terjadi di Kecamatan Raren Batuah yaitu
Desa Lenggang RT 02 dan RT 04 serta Desa Puri, kemudian Kecamatan Dusun Tengah di Kelurahan Ampah Kota RT 03, RT 06 dan RT 20 serta Kecamatan Pematang Karau di Desa Lebo, Bararawa dan Desa Muru Duyung," papar Riza.

Hingga siang ini, genangan air di Desa Lenggang, Puri dan Kelurahan Ampah Kota mulai surut, namun khususnya di Ampah Kota penurunan genangan air tidak cepat karena kondisi drainase yang kecil sehingga tidak mampu menampung luapan air untuk segera dibuang ke sungai.

Menurut Riza, saat ini permukaan air yang naik justru terjadi di Kecamatan Pematang Karau akibat limpahan air dari desa-desa yang ada di dataran lebih tinggi.

"Sekarang di Desa Lebo, Bararawa dan Murah Duyung, anggota Brimob, BPBD Damkar dan relawan swasta sedang melakukan mengevakuasi masyarakat di sana," jelas Riza. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru