Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Harus Ada Perencanaan Pulihkan Ekonomi di 2022

  • Oleh Naco
  • 16 September 2021 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Juliansyah mendesak agar pemerintah daerah punya perencanaan untuk pemulihan ekonomi di 2022. Salah satunya akan tertuang dan terlihat  dalam kebijakan anggaran 2022. 

Menurutnya gencarnya vaksinasi harus dilakukan hingga akhir tahun untuk memaksimalkan pemulihan kondisi segala aspek di 2022.

"Harus ada solusi yang memang dari pemerintah daerah untuk mendongkrak kembalinya kondisi perekonomian, kita sudah hampir 19 bulan mengalami pandemi ini dan saat ini pemulihan ekonomi belum stabil," katanya, Kamis, 16 September 2021.

Juliansyah  mendorong pengembalian kondisi bekonomi ini harus secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pengembalian ekonomi oleh pemerintah pusat. 

"Harus sejalan dengan pemerintah pusat untuk dilaksanakan di daerah. Jangan sampai ada tumpang tindih program, mana yang dibiaya pusat dan mana bagian pemerintah di daerah," tegasnya.

Politisi Partai Gerindra Kotim itu menyebutkan, pengembalian ekonomi ini bisa dilakukan melalui program produktif seperti bidang pertanian, peternakan, perikanan serta kegiatan UMKM yang ada. Program itu mesti mendapatkan kucuran anggaran agar bisa berjalan dengan baik.

"Begitu juga untuk lembaga keuangan perbankan hendaknya bisa memberikan kemudahan akses permodalan kepada para pelaku usaha yang perlu modal," tegasnya.

Sinergitas untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 harus dilakukan secara cepat. Apalagi dalam kondisi keuangan negara yang banyak tersedot untuk urusan penanganan tersebut. 

Sampai program dasar kepada masyarakat harus dibatalkan karena anggaranya difokuskan untuk penanganan wabah Covid 19 ini. (NACO/B-6)

Berita Terbaru