Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspadai Penyakit Akibat Banjir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 September 2021 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Palangka Raya, dr. Syamsul Arifin meminta baik masyarakat maupun pemerintah untuk mewaspadai ancaman penyakit yang sering terjadi akibat banjir.

Menurutnya jika penyakit yang sering terjadi saat banjir, bisa dikelompokan menjadi dua dimana penyakit yang sifatnya umum terjadi dan penyakit yang jarang terjadi.

“Kalau penyakit umumnya itu infeksi kulit, seperti gatal-gatal, kemudian myalgia atau nyeri pada tubuh karena sering kontak dengan air, lalu ada diare dan ISPA,” ungkapnya.

Sedangkan penyakit lain atau jarang tapi tetap harus diwaspadai adalah Demam Berdarah Dongue (CBC) DBD, Malaria, dan yang perlu diperhatikan adalah Leptospirosis.

Syamsul mengatakan Leptospirosis bisa terjadi karena masyarakat sering kontak dengan air banjir yang kotor dengan sampah yang beterbaran di mana-mana.

Selain itu banyaknya hewan pengerat dan serangga seperti lalat atau kecoa yang bisa mencemari makanan atau minuman memudahkan terjadinya penularan penyakit. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru