Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kobar: Masih Ditemui Drainase Tersumbat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 September 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus berupaya menormalisasi saluran air dengan program Nol Sumbatan. Di sisi lain, masih banyak ditemui drainase yang tersumbat. 

"Pemerintah sudah membuatkan drainsae yang bagus dan permanen, tetapi ada yang kurang peduli dan menjaganya. Karena setiap ada laporan genangan air, itu drainasenya penuh dengan sampah dan pasir," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kobar, Samuel belum lama ini, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia mencontohkan kasus luapan di depan tempat cuci kendaraan. Di situ, kotoran dari kendaraan yang dicuci langsung dibuang atau dialirkan ke parit. Sehingga, parit penuh dengan tanah dan pasir. 

"Hal ini perlu kesadaran kita bersama, bagaimana kita bisa menjaga lingkungan, agar tetap bersih dan aman," ungkapnya.

Ia menambahkan, Dinas PUPR memang memiliki tim Satgas dalam menangani sumbatan dan siap diterjunkan bila ada genangan air karena sumbatan. Namun demikian, masyarakat juga harus mendukung upaya bebas sumbatan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan drainase.

"Saya berharap,asyarakat dalam mendirikan bangunan lebih memperhatikan dampak lingkungan. Kemudian juga ikut menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi sumbatan," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru