Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Deras Mengguyur Sampit, Warga Khawatir Banjir Susulan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 18 September 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hujan deras melanda Kota Sampit, dan sekitarnya, Sabtu siang, 18 September 2021. Sebagian masyarakat pun waspada adanya potensi banjir susulan.

"Hujan terjadi sejak pukul 12.00 - 15.30 WIB, sejumlah jalan sudah tegenang air. Kalau masih berlanjut dalam kota pun bisa banjir, " kata Tohir, warga Kecamatan Baamang.

Seperti yang terpantau di Jalan S Parman, sekitar Taman Kota, genangan air terjadi sejumlah titik dan lambat turunnya. Kemungkinan besar terjadi karena sumbatan air pada drainase hingga membuat genangan air hujan bertahan lama di jalan raya. 

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, telah mengeluarkan peringatan dini, potensi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. 

"Hujan sedang hingga deras dapat disertai petir dan angin kencang," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya.

Tak hanya dalam kota hujan deras juga terjadi di sejumlah kecamatan yakni Bukit Santuai, Kota Besi, Mentaya Hilir Uyara, Mentaya Hulu, Parenggean, Seranau, Telaga Antang, Telawang, dan Tualan Hulu. 

"Hujan juga dapat meluas ke wilayah Kecamatan Cempaga Hulu," pungkas Musuhanaya.

Kondisi cuaca seperti ini patut diwaspadai terutama bagi wilayah yang baru saja terendam banjir. Sebab berpotensi mengakibatkan banjir susulan.  (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru