Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Covid-19 Varian Delta dan Gejalanya

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 September 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemilogi Indonesia (PAEI) Cabang Kalteng, Rini Fortina menyampaikan saat ini salah satu varian Covid-19 yang menjadi perhatian adalah varian Delta.

"Varian of concern ada 4, (mulai dari) alfa, beta, delta dan gamma. Sebelumnya dari wuhan dari inggris dan sekarang yang paling cepat penularannya adalah varian delta yang dari india," ungkap Rini.

Ia mengatakan untuk varian delta memang sudah teridentifikasi masuk ke Kalteng. Data dari pemeriksaan lab varian ini ada ditemukan di Kalteng sekitar April 2021 lalu.

Rini menjelaskan untuk varian Delta memiliki 9 gejala, berbeda dengan Covid-19 klasik yang hanya 4 sampai 5 gejala. Hasil penelitian juga menunjukan transmisi varian ini sampai 97 persen. 

"Gejalanya sebenarnya mirip-mirip semua, tapi jika dilihat delta ini paling lengkap," tambah Rini.

Dia menuturkan varian ini biasanya gejalanya dimulai dari demam, sakit sendi, radang sendi, diare, gejala batuk berkepanjangan, sampai sesak nafas. 

"Ini bahaya karena kecepatannya, jadi pada beberapa orang yang rentan itu tidak sempat membentengi diri, apalagi dengan orang yang belum di vaksin," ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng juga mengingatkan adanya berbagai varian Covid-19 ini. Satgas meminta masyarakat tidak panik dan membentengi diri dengan protokol kesehatan yang terbukti dapat mencegah segala varian virus Covid-19. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru