Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

10 Kasus Gigitan Anjing di Barito Timur Sepanjang 2021, 2 yang Diperiksa Positif Rabies

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 September 2021 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Mishael mengatakan sepanjang tahun 2021 ada 10 kasus gigitan anjing terhadap manusia yang dilaporkan masyarakat.

Dari total itu, hanya 2 ekor anjing yang sampel otaknya diserahkan masyarakat ke dinas perikanan dan peternakan untuk diperiksa di laboratorium.

"Kedua sampel tersebut hasilnya positif rabien. Sedangkan yang 8 hanya dilaporkan dan anjingnya dibunuh, tapi sampel otaknya tidak diserahkan ke kami," ujar Mishael di Tamiang Layang, Selasa, 21 September 2021.

Meski terdapat kasus gigitan anjing Rabies, tambah dia, namun hingga kini tidak ada korban jiwa akibat gigitan anjing karena cepat ditangani oleh puskesmas terdekat.

"Guna menekan kasus rabies tahun ini, kami juga melakukan vaksinasi rabies yang sudah kami mulai dari tanggal 6 September. Hingga hari ini sudah ada 2.801 ekor anjing dan hewan lain yang divaksin," tambahnya.

Mishael menerangkan, tahun ini pelaksanaan vaksinasi rabies agak terhambat karena harus menyesuaikan zona covid-19 untuk menghindari penularan. Namun dia berharap agar pemilik hewan proaktif dalam mengupayakan hewan peliharaan mereka disuntik vaksin Rabies.

"Kami tidak mengizinkan petugas kami melakukan vaksinasi di desa yang masuk zona merah covid-19 karena memang protokol pencegahannya seperti itu," katanya.

Sementara itu, Kabid Peternakan, Juni Hariyati mengungkapkan, banyak anjing liar yang kemungkinan terinfeksi rabies berkeliaran di wilayah Desa Lalap karena hidup dari sisa-sisa makanan di kawasan pertambangan batubara di desa tersebut.

"Ini yang sulit karena liar dan tidak ada pemiliknya. Jadi tidak mungkin kita bisa menangkap untuk disuntik vaksin," kata Juni.

Rabies merupakan virus mematikan yang menyebar ke manusia dari air liur hewan yang terinfeksi saat terjadi gigitan. Adapun hewan yang dapat menularkan rabies antara lain anjing, monyet dan kucing. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru