Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan SDM, Puluhan Warga Kobar Ikuti Pelatihan Disnakertrans

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 September 2021 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan melaksanakan pelatihan kerja. Kegiatan pelatihan itu di biayai oleh APBD ini diikuti oleh puluhan peserta.

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kobar, Heppy Kamis mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 64 peserta. Pelatihan ini dilaksanakan guna meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka mengurangi angka pengangguran. 

"Pada program pelatihan kerja yang didapat APBD tahun ini ada 4 jenis pelatihan yang diikuti 64 peserta, selain itu ada juga pelatihan yang di danai dari APBN yang di Kelola langsung oleh Balai Pelatihan Kerja," katanya, Rabu 22 September 2021.

Heppy mengungkapkan adapun 4 jenis pelatihan yang di gelar Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kobar yakni Pelatihan Processing, Pelatihan tata boga, Pelatihan Sablon Digital prinring dan pelatihan Sablon  teknik otomotif kendaraan ringan (R-4 diesel), setiap kelompok 16 orang.

Heppy menerangkan untuk waktu kegiatan pelatihan sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 8 Tahun 2014 telah diuraikan jam kegiatan pelatihan. Untuk pelatihan tata boga 25 hari, 30 hari digital prinring, pelatihan teknik otomotif selama 30 hari.

Kemudian mengingat saat ini masih mewabahnya pandemi Covid-19, pihaknya memperketat protokol kesehatan dan peserta wajib menggunakan masker. 

Sebelum masuk ruangan, wajib mencuci tangan atau menggunakna hand sanitizer serta di periksa suhu tubuh. Begitu pun didalam ruangan agar tidak terlalu berkerumun ada pembatasan baik jumlah kelompok maupun waktu pertemuan.

"Jadi setelah peserta ini menyelesaikan pelatihan, diharapkan ke depannya para peserta ini mampu membuka usaha dengan merekrut tenaga kerja lainnya, sehingga akan mengurangi angka pengangguran di Kobar tujuan pelatihan ini untuk membangun sumber daya manusia dalam rangka menciptakan ekonomi kreatif," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru