Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Resmikan Tempat Pengelolaan Sampah 3R

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 September 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur  Ampera AY Mebas meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle atau TPS3R Munsit Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Rabu 22 September 2021.

Sebelum diresmikan TPS 3R diserahkan terlebih dahulu oleh Kepala Balai/ Satuan Kerja Prasarana dan Sarana Permukiman Provinsi Kalteng, yang diwakili oleh PPK Sanitasi Treace Merry kepada Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur kemudian diteruskan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat atau KSM Munsit.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak balai yang telah memfasilitasi sehingga Barito Timur mendapat bantuan Program TPS3R senilai Rp 600 Juta," ujar Ampera dalam sambutannya sebelum peresmian dan penandatanganan prasasti sekaligus serah terima bangunan TPS3R bantuan dana APBN tahun anggaran 2021 itu.

Menurutnya, berdasarkan Permen PU nomor 3 tahun 2013 tentang penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan dalam penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, menekankan bahwa pengurangan sampah mulai dari sumber merupakan tanggung jawab dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

"Kondisi yang ada saat ini, pemilahan dan pengurangan sampah sejak dari dari sumbernya (rumah tangga) masih kurang memadai, sehingga berbagai gerakan perlu ditingkatkan melalui peranan tokoh masyarakat, Kelompok Swadaya Masyarakat atau KSM serta pemerintah," kata Ampera.

Dia berharap dengan kehadiran TPS3R, tidak hanya menjadi solusi pengolahan sampah tetapi juga dapat menjadi sarana untuk edukasi masyarakat, pusat pendidikan dan pusat belajar bagi banyak orang serta dapat menginspirasi warga untuk memahami penanganan sampah secara berkelanjutan, sehingga warga dapat lebih menjaga lingkungan.

Sementara itu Ketua KSM Munsit, Gusti Wirdaningsih, dalam laporannya menyebutkan bahwa TPS3R Munsit merupakan yang pertama di Barito Timur.

"Adapun tujuan dibangunnya TPS3R Munsit Tamiang Layang ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolaan sampah serta Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS bagi masyarakat Barito Timur, khususnya Tamang Layang," kata Gusti.

Dengan adanya TPS3R, dia berharap KSM Munsit bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal pengelolaan dan pengolahan sampah, sehingga dapat memberikan manfaat lapangan pekerjaan, untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Pendirian TPS3R di Barito Timur merupakan respon pemerintah pusat atas surat minat Pemkab Barito Timur yang ditujukan kepada pemerintah pusat melalui Balai Satuan Kerja Prasarana dan Sarana Permukiman Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Terbaru