Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lansia Paling Berisiko Alami Morbiditas dan Mortalitas akibat Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 23 September 2021 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan kelompok lansia paling berisiko mengalami keparahan/morbiditas dan mortalitas akibat covid-19.

Siswandoyo mengatakan, angka mortalitasnya meningkat seiring dengan pertambahan usia. Tepatnya, pada populasi umur 45 - 54 tahun sebesar 8 persen, 55 - 64 tahun 14 persen, dan 65 tahun ke atas 22 persen.

“Pencegahan penularan covid-19 melalui upaya promotif dan preventif kepada kelompok usia lanjut ini sangat penting dilakukan baik di tingkat keluarga, masyarakat, dan fasilitas kesehatan,” kata Siswandoyo saat pertemuan penguatan pelayanan lansia terkait Covid-19 di aula Dinas Kesehatan Barito Utara, Kamis, 23 September 2021.

Selain itu, perlu juga diantisipasi dampak dari kebijakan pembatasan sosial terhadap kesehatan lansia seperti kesehatan mental dan kognitif lansia.

“Serta meningkatnya angka komplikasi penyakit kronik dan jumlah lansia yang mengalami ketergantungan dengan akses terhadap layanan kesehatan yang terhambat,” tambahnya.

Lansia sebagai kelompok rentan tentu saja sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan masyarakat, agar kesehatan maupun kualitas hidup mereka dapat terjaga seoptimal mungkin. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru