Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyakit Scabies Merebak, Dinas Kesehatan Kobar Diharapkan Turun ke Lapangan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 September 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua RT 35 Kelurahan Baru, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Wiwin Sunarti mengharapkan dinas kesehatan terkait merebaknya penyebaran penyakit scabies yang diderita sejumlah warga.

Wiwin Sunarti yang berdomisili di Gang Runtu, RT 35, belakang Puskesmas Pelingkau Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) ini mengaku bersama keluarganya juga mengalami penyakit yang disebabkan tungau kecil bernama sarcoptes scabiei ini.

Menurutnya, anak yang paling bungsu pun sampai menjalar di kepalanya hingga menyebabkan borok.

"Kami sekeluarga terkena semua. Bahkan salah seorang anak saya juga menderita gatal yang tidak terhingga hingga kemaluannya. Rasanya luar biasa gatal, sampai badan meriang dan kepala pusing," kata Wiwin Sunarti.

Mereka juga telah berobat ke Puskesmas Pelingkau namun masih belum membuahkan hasil.

"Kami sudah diberi obat, namun belum kunjung sembuh juga. Bahkan paman saya saat ini terlihat kurus akibat penyakit ini lantaran tiap hari menahan gatal, badan meriang hingga kepalanya pusing," jelas Wiwin Sunarti.

Dia tidak tahu persis awal mula kenapa penyakit tersebut menimpa keluarganya.

"Awalnya hanya gatal biasa. Namun lama kelamaan semakin bertambah gatal dan terus digaruk, sehingga kulit luka dan bernanah," jelas Wiwin Sunarti.

Ia berharap Dinkes Kobar bisa datang langsung kelingkungannya, sebagai antisipasi agar penyakit ini tidak semakin merebak.

"Paling tidak melakukan sosialisasi tentang penyakit ini," ujarnya.

Sebelumnya, penyakit Scabies di tempat tersebut sudah pernah terjadi di RT 29 kawasan SMP Negeri 6 Natai Pelingkau dan salah satunya warga di RT 21 Kelurahan Baru.

Sekedar diketahui, scabies atau yang dikenal dengan kudis ini merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh masuknya tungau kecil bernama Sarcoptes Scabiei kedalam lapisan kulit luar.

Tungau ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan dapat bersarang pada lapisan kulit manusia ini akan menggali terowongan dan bertelur di dalam kulit, sehingga pengidap kudis akan merasakan gatal pada kulitnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru