Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Lakukan Pelacakan Epidemiologi terhadap Penyakit Scabies

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 September 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sedang melakukan pelacakan epidemiologi dan pengobatan pada para penderita penyakit scabies di Kecamatan Kumai dan Kecamatan Arut Selatan (Kobar).

Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois, Jumat, 24 September 2021 mengatakan petugas kesehatan sudah melakukan pelacakan epidemiologi untuk mengumpulkan data dilapangan penyakit yang mulai menyebar di masyarakat ini 

"Saat ini sedang dianalisis hasil pelacakan epidemiologinya. Tujuannya untuk dasar mengendalikan dan menanggulangi penularannya. Info lebih detil akan saya infokan di perkembangan berikutnya," jelas Kadinkes singkat.

Seperti diberitakan penyakit ini juga menjangkiti beberapa warga di Kecamatan Kumai yaitu di Kelurahan Kumai Hulu, Kelurahan Candi dan Desa Sungai Tendang. 

Sedangkan di Kecamatan Arsel, kasus scabies ini diketahui juga sudah menjangkiti warga di RT 35 belakang puskesmas Pelingkau RT 29 Natai Pelingkau dan salah satu warga di RT 21 Kelurahan Baru.

Penyakit scabies atau yang dikenal dengan kudis ini merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh masuknya tungau kecil bernama Sarcoptes Scabiei kedalam lapisan kulit luar.

Tungau ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan dapat bersarang pada lapisan kulit manusia ini akan menggali terowongan dan bertelur di dalam kulit, sehingga pengidap kudis akan merasakan gatal pada kulitnya. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru