Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Ajak Generasi Muda Adopsi Cara Bertani di P4S Karya Baru Mandiri

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 September 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah, menyempatkan diri berkunjung ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Baru Mandiri, Desa Kubu, Kecamatan Kumai. Ia pun mengajak generasi muda agar termotivasi untuk belajar dan terjun di sektor pertanian.

Bupati menyampaikan apresiasi atas karya yang telah didedikasikan oleh P4S Karya Baru Mandiri untuk Kotawaringin Barat. Tentu hal ini harus dijadikan motivasi untuk petani agar lebih maju. Serta para generasi muda Kobar agar dapat belajar pertanian dengan belajar di P4S Karya Baru Mandiri.

"Apa yang ada di P4S Karya Baru Mandiri ini sangat luar biasa, semoga generasi muda Kobar dapat mengadopsi cara bertani yang baik dan benar, sehingga mereka dapat serius menggeluti sektor pertanian, karena bagaimanapun mereka adalah ujung tombak estafet pembangunan khususnya Kotawaringin Barat," kata Nurhidayah, Jumat, 24 September 2021.

Bupati menjelaskan, bahwa ia langsung melihat demplot hasil karya seorang petani sukses bernama Syarian. Pertanian holtikultura yang digelutinya, semua dilakukan secara otodidak. Bahkan, P4S Karya Baru Mandiri juga menjadi tujuan pelatihan pelajar SMK dan SMA, bahkan dari kabupaten tetangga dan juga propinsi tetangga.

"Jadi, beliau mengembangkan ini tidak lain untuk memberikan edukasi dan juga motivasi kepada para peserta didik, rata - rata yang ikut pelatihan di sini adalah anak-anak SMA dan SMK sederajat," jelasnya.

Pada saat kunjungannya pun, Bupati juga didampingi oleh pelajar sebanyak 50 orang, dari SMK Muhammadiyah dan SMA N Pangkalan Banteng.

Lanjutnya, bahwa P4S Karya Baru Mandiri selain mengembangkan tanaman sayur, ada juga peternakan sapi, kemudian di sela - sela tanaman sayur ada tanaman Pohon Kurma. Tentunya, apabila Kurma tersebut dapat tumbuh dengan baik dan berbuah, maka akan jadi hal yang luar biasa dan jadi komoditas baru di Kobar.

"Semoga dengan karya - karya terbaik dari P4S Karya Baru Mandiri ini, dapat menjadi pemicu kemajuan di sektor pertanian di Kabupaten Kotawaringin Barat," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru