Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Generasi Muda Diharapkan terus Memupuk Rasa Bangga terhadap Budaya Lokal

  • Oleh Nopri
  • 24 September 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan, mengharapkan para generasi muda diharapkan dapat terus memupuk rasa bangga terhadap budaya lokal.

Menurutnya salah satu wujud nyata generasi penerus untuk memupuk kecintaan terhadap budaya dengan mengenal dan mengupas tentang sejarah, budaya, hingga benda-benda yang ada di museum.

"Melalui belajar bersama ini, maka para siswa dapat turut melestarikan budaya warisan leluhur. Di Museum Balanga, peserta didik bisa melihat hasil budaya, seperti balanga, mandau, tas rotan dan sebagainya serta mengetahui sejarah dan filosopinya juga," katanya, Jumat 24 September 2021.

Dia menjelaskan museum tidak semata-mata untuk menyimpan barang-barang dengan nilai sejarah, namun terdapat manfaat lain. Seperti salah satu cara untuk melestarikan adat dan budaya.

Museum Balanga di Palangka Raya misalnya, tidak hanya menyimpan benda-benda pusaka saja tapi juga ada benda-benda dengan nilai sejarah tinggi.

"Inilah yang menjadi pengetahuan penting bagi para peserta didik untuk dapat belajar sejarah, adat istiadat dan budaya Kalteng," ungkapnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru