Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Dukung Pengembangan Alpukat Varietas Asli Desa Sungai Bakau

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 September 2021 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tidak pernah habis akan kekayaan alamnya. Salah satunya dengan keberadaan buah Alpukat yang berasal dari Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai.

Untuk itu Bupati Kobar Nurhidayah mengapresiasi dan mendukung pengembangan buah Alpukat Varietas asli dari Desa Sungai Bakau. Sehingga ke depan akan menjadi produk unggulan desa tersebut.

"Buah Alpukat dari Sungai Bakau tersebut, memikiki tekstur dan rasa serta kualitas yang tidak kalah dengan produk - produk dari pulau jawa. Tentunya, akan kita suport terus, sehingga buah tersebut jadi produk unggulan asal Kobar," kata Nurhidayah, dalam rilis Prokom, pada Jumat, 24 September 2021.

Nurhidayah berharap, semoga buah Alpukat yang dikembangkan di Desa Sungai Bakau, dapat berkembang dengan baik dan dapat menunjang ekonomi masyarakat, dan  juga sumber-sumber pendapatan untuk desa.

"Tentu ini sesuai rencana pembangunan desa, bagaimana memaksimalkan potensi yang ada, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ungkapnya.

Bupati pun telah melakukan kunjungan ke kebun indikan buah Alpukat di Desa Sungai Bakau. Buah Alpukat didepan tersebut diberi nama SB 1, SB 2 dan SB 3. SB sendiri merupakan singkatan dari nama desa yaitu 'Sungai Bakau'.

Dalam mematenkan produk unggulan daerah, maka perlu mendapatkan sertifikasi hak paten, mengikuti jejak buah Alpukat Candi. Buah Alpukat yang dinamai Alpukat Bukit Candi sudah terdaftar secara resmi sebagai varietas lokal, di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dan menjadi milik masyarakat di wilayah yang bersangkutan. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru