Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes di Kapuas Dilatih Keterampilan Manajemen

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 September 2021 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas memberikan pelatihan keterampilan manajemen untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau BUMDes Bersama.

Dalam kegiatan itu disampaikan tips membuat bisnis BUMDes/BUMDesMa agar lebih cepat bertumbuh dan sukses. Adapun narasumbernya yakni ahli dari Dinas PMD dan Koordinator Tenaga Ahli P3MD Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto, menyampaikan pemkab ingin mendorong BUMDes agar mampu menggali dan mengolah potensi sumber daya lokal di desanya masing-masing.

“Apalagi sebagai daerah yang ditunjuk sebagai kawasan pengembangan food estate, Dinas PMD Kabupaten Kapuas terus mendorong pembentukan BUMDes Bersama melalui peningkatan kerjasama antar desa yang berada dalam lingkup food estate,” katanya, Jumat, 24 September 2021.

BUMDesMa dinilai sangat strategis perannya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas BUMDes yang ada terutama dari segi permodalan dan untuk pengembangan potensi desa.

Terkait manajemen BUMDes, Yanmarto menuturkan pemerintah daerah juga mendorong adanya standarisasi dalam praktek pengelolaan keuangan dan pelaporannya. Pemkab juga saat ini mulai menyosialisasikan perlunya penerapan aplikasi pelaporan BUMDes.

“Selain itu dalam rangka kepastian hukum Pemerintah juga mendorong agar semua BUMDes segera berbadan hukum. DPMD telah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan PDTT untuk mendorong percepatan pendaftaran badan hukum BUMDes secara online,” ucap Yamnarto. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru