Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangunan Sekolah dan Fasilitas Kesehatan Terdampak Banjir Perlu Didata

  • Oleh Donny Damara
  • 24 September 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengingatkan kepada pemerintah agar bangunan sekolah dan fasilitas kesehatan yang terdampak banjir perlu didata.

Tujuannya, agar pemerintah ke depannya dapat memikirkan merelokasi fasilitas atau bangunan itu ke tempat yang lebih aman.

"Selama banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kalteng ini, ada sejumlah gedung sekolah dan fasilitas kesehatan yang terendam. Akibatnya, buku di sekolah dan alat-alat puskesmas rusak. Begitu juga dengan bangunanya," kata Duwel Rawing, Jumat, 24 September 2021.

Dia menjelaskan, seperti yang tejadi pada Puskesmas Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Berdasarkan infromasi, fasilitas kesehatan itu sempat terendam banjir yang mengakibatkan banyak alat-alat mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, hal inilah yang perlu menjadi pengalaman pemerintah agar memikirkan untuk merelokasi bangunan tersebut. Sebab, sarana dan prasarana pendukung fasilitas kesehatan harganya tidak ada yang murah.

Selain itu juga, pemukiman penduduk yang ada tidak luput dari perhatian pihaknya. Diharapkan, pemerintah juga merelokasi penduduk di kawasan rawan banjir.

Apalagi banjir di Kalteng khususnya Katingan tidak hanya terjadi sekali ini. Namun selalu berulang setiap tahunnya.

"Ke depan kita harapkan agar dapat dicarikan solusi jangka panjang. Supaya masyarakat yang berada di daerah rawan banjir tidak lagi terkena musibah," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru