Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Capaian Vaksinasi Terus Meningkat

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 September 2021 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Capaian vaksinasi di Kalimantan Tengah terus meningkat. Itu tidak lepas dari kerja keras pemerintah termasuk dukungan semua pihak dalam menyukseskan program vaksinasi.  

Berdasarkan data dari Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalteng, vaksinasi dosis pertama untuk masyarakat umum dan rentan pada Sabtu, 25 September 2021 bertambah 5.522 orang. Dengan penambahan itu, totalnya kini mencapai 321.201 orang. 

Penambahan juga terjadi pada sasaran pelayan publik. Yakni dosis pertama telah mencapai 281.679 orang atau 141,57 persen, bertambah 42 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Selanjutnya, vaksinasi dosis pertama untuk kelompok lanjut usia atau lansia bertambah 162 orang atau totalnya mencapai 45.155 orang. Berikutnya, masih dengan dosis yang sama, vaksinasi remaja mencapai 15.754 orang atau 5,56 persen, bertambah 31 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara itu, sampai sejauh ini, pemerintah bersama instansi terkait terus berupaya mempercepat vaksinasi. Bahkan, kini sasarannya meluas, salah satunya untuk para pelajar. Pesertanya pun cukup antusias. Pelajar berdatangan ke tempat digelarnya vaksinasi demi mendapatkan suntik vaksin. 

Gotong royong dalam mencegah penularan Covid-19 secara perlahan membuahkan hasil. Itu bisa dilihat dari angka kasus yang terus mengalami penurunan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM juga telah turun menjadi level 3. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah atas turunnya level ini tentu berbeda dari level 4. Salah satunya, dapat melakukan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM secara terbatas. Tetapi, semua juga harus mengacu pada protokol kesehatan ketat demi mewaspadai Covid-19. 

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengingatkan semua pihak untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19 meskipun kasus penularan terjadi penurunan. "Meski saat ini Covid-19 mulai melandai, kita tidak boleh terlena. Harus tetap waspada," pesannya, Jumat, 24 September 2021.

Dia meminta seluruh pihak tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tidak kalah pentingnya juga terus mendukung tercapainya target vaksinasi agar tercipta kekebalan kelompok atau herd immunity

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo sebelumnya menyampaikan apresiasi atas antusiasnya pelajar mengikutinya vaksinasi. Edy juga menyampaikan pesan yang sama yakni meminta semua pihak untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19. 

"Tentunya kita tidak ingin penyebaran Covid-19 ini mengalami lonjakan lagi. Jadikan protokol kesehatan menjadi kebiasaan hidup yang harus dijalankan dengan maksimal," pesannya. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru