Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Perbanyak Sebaran Depo Sampah

  • Oleh Naco
  • 27 September 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur  (Kotim) Dadang H Syamsu meminta agar pemkab memperbanyak sebaran depo sampah.

Itu ditegaskannya menanggapi ramainya komentar terkait seorang warga yang terekam kamera pengawas membuang sampah sembarangan di kawasan pendidikan Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Baamang.

"Kita semua tentu menyesalkan kejadian dan perilaku tersebut. Apalagi itu merupakan kawasan pendidikan. Kasihan pelajar di tiga sekolah di kawasan itu merasakan dampak buruk kalau sampah menumpuk di kawasan itu," kata Dadang, Senin, 27 September 2021. 

Menurutnya, ini adalah gambaran masih adanya sebagian warga yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan. Rendahnya kesadaran seperti ini menjadi perilaku buruk yang tidak patut dicontoh.

Namun pemerintah daerah juga perlu melakukan evaluasi agar masalah sampah ini bisa diatasi dengan baik. Tujuannya agar masyarakat bisa dengan kesadaran diri dan senang hati membantu menjaga kebersihan lingkungan.

Ia menyarankan beberapa hal yang perlu dilakukan. Di antaranya pemerintah daerah perlu melakukan kampanye yang masif kepada masyarakat agar memiliki kesadaran tinggi untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Menurutnya, pemerintah daerah juga perlu memperbanyak sebaran tempat pembuangan atau depo sampah di tempat-tempat strategis dengan bentuk dan tampilan yang lebih menarik. Sehingga tidak menimbulkan kesan jorok atau merusak keindahan.

Dadang H Syamsu juga menyarankan pemerintah daerah memanfaatkan sampah menjadi peluang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor retribusi persampahan dengan cara mengerahkan petugas untuk mengambil sampah dari rumah-rumah warga.

"Saya yakin warga tidak keberatan karena ini justru akan membantu warga. Tentunya dengan retribusi yang tidak memberatkan," pungkasnya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru