Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Kesehatan Stabil, Penyembuhan Luka Operasi Balita Kembar Siam Asal Kobar Terus Berlanjut

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 September 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Proses penyembuhan luka operasi pemisahan balita kembar siam asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Muhammad Ibrahim dan Muhammad Abdullah terus dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr. Fachruddin, Senin, 27 September 2021 menjelaskan berdasarkan pantauan terkini jika kondisi kesehatan balita tersebut dalam kondisi stabil.

"Proses penyembuhan luka operasi terus dilakukan. Hingga kapan tahapan ini berlangsung, hingga nantinya benar-benar siap untuk kembali ke Pangkalan Bun," jelasnya.

Namun saat ditanyakan kapan perkiraan balita kembar siam tersebut bisa kembali ke Pangkalan Bun, Fachruddin masih belum bisa memberikan jawaban.

"Masih belum bisa dipastikan kapan mereka bisa kembali ke Pangkalan Bun. Pastinya keputusan tersebut berada pada tim dokter RSCM yang mengetahui kondisi mereka," jelasnya.

Fachruddin menjelaskan bila nantinya balita kembar siam tersebut kembali ke Pangkalan Bun, tetap dilakukan pemantauan pada mereka. "Terutama pantauan tumbuh kembang balita kembar tersebut," ujarnya.

Diberitakan, balita kembar siam dempet dada, Muhammad Ibrahim dan Muhammad Abdullah dalam proses operasi yang digelar tanggal 14 September 2021.

Dalam operasi pemisahan yang mulai pukul 08.00 WIB, 20 orang tim dokter RSCM selama 13,5 jam berupaya memisahkan bagian hati balita kembar siam yang saling menempel.

Tim operasi yang terdiri dari 20 orang dokter diantaranya bedah anak, bedah jantung vaskuler dan bedah plastik rekonstruksi. Setelah menjalani fase operasi, saat ini adah fase pemulihan pasca operasi. Lama waktunya bisa mencapai 2 Minggu. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru