Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BSSN Apresiasi Kerja Sama Keamanan Siber Antara Pemerintah dan Swasta

  • Oleh ANTARA
  • 28 September 2021 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN) mengapresiasi kontribusi dan kerja sama antara pihak swasta dengan pemerintah di bidang pengetahuan keamanan siber.

Kepala BSSN Letjen (Purn) Hinsa Siburian mengatakan bahwa penandatangan nota kesepahaman tiga pihak (tripartit) antara BSSN, Institut Teknologi Del (IT Del), dan Huawei akan mendorong pembelajaran lanjutan dan peningkatan kompetensi dalam menangani masalah keamanan siber nasional.

"BSSN sangat mendukung kerja sama ketiga belah pihak antara BSSN, Huawei, dan IT Del sebagai bentuk kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan akademisi," kata Hinsa Siburian dalam siaran pers, Senin.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Huawei dan IT Del yang memiliki perhatian serius terhadap aspek keamanan siber dan memiliki semangat yang tinggi untuk berkolaborasi dalam mewujudkan keamanan siber nasional melalui kerjasama dengan BSSN," kata dia.

Hinsa berharap, selain program dan kegiatan yang telah berjalan, diperlukan beberapa perbaikan di bidang riset dan pengembangan teknologi 5G, yang ke depannya bisa menjadi gambaran bagaimana merumuskan kebijakan nasional di bidang keamanan teknologi siber 5G.

"Selain itu, di bidang pengembangan dan pemanfaatan kriptografi di mana Huawei memiliki pengalaman dalam mengimplementasikan kriptografi dalam berbagai solusi teknologinya agar BSSN dapat mempelajari penerapannya," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Marves) Jenderal (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan juga mengadakan diskusi dengan CEO dan Founder Huawei Ren Zhengfei. Pertemuan itu menandai kolaborasi baru serta komitmen jangka panjang dari penyedia teknologi komunikasi global guna meningkatkan keamanan siber di Indonesia.

"Anda sangat beruntung dengan kinerja perwakilan Huawei di Indonesia yang cukup dikenal sehingga teknologi Huawei dipergunakan secara luas. Terbentuknya Huawei Academy di Indonesia dan Kerjasama Tripartit antara Huawei, BSSN, dan IT Del juga menunjukkan komitmen Huawei untuk tidak hanya membangun infrastruktur digital di Indonesia, tetapi juga terhadap pengembangan sumber daya manusia digital dan transfer teknologi termutakhir,” ucap Luhut kepada Ren.

"Pembangunan sumber daya manusia amatlah penting bagi Indonesia dan atas nama pemerintah Indonesia, saya sampaikan apresiasi kepada Huawei atas peran selama ini," kata Luhut.

Ren berpendapat, Indonesia dapat belajar mengintegrasikan teknologi cerdas ke dalam pengoperasian sehari-hari di banyak pelabuhan dan bandara strategis, atau menerapkan teknologi 5G, AI, nirkabel, dan radar untuk meningkatkan standar keamanan di tambang batu bara secara signifikan.

"Indonesia adalah negara yang hebat dan indah. Garis pantai yang membentang, sumber daya alam yang melimpah, dan ragam hasil pertanian yang teramat kaya adalah beberapa keunggulan unik yang dimiliki Indonesia," puji Ren.

"Huawei berterima kasih kepada Indonesia atas dukungannya yang berkelanjutan untuk tim lokal kami di negara ini. Mengarahnya tren bilateral menuju kolaborasi dan kesuksesan bersama antara Tiongkok dan Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai saling menghormati integritas kedaulatan, sistem politik, dan norma-norma sosial satu sama lain, kami percaya bahwa bersama-sama kita akan meletakkan dasar bagi masa depan Indonesia," tegasnya.

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen juga mengatakan, “Momentum pembaruan MoU dengan BSSN, serta penandatanganan PKS dengan BSSN dan IT Del menandai tonggak baru dalam inisiatif keamanan siber yang digelar bersama ini, karena kami akan melibatkan lebih banyak universitas dan menjangkau masyarakat lebih luas luas sebagai penerima manfaat program tersebut.”

Hingga saat ini, hampir tujuh ribu pejabat pemerintah dan pegawai negeri telah memperoleh manfaat dari kerja sama Huawei dan BSSN sejak tahun 2019 melalui berbagai kegiatan program pelatihan bersama dan webinar.

Berita Terbaru