Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Perikanan Jadi Komoditas Unggulan di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 28 September 2021 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perikanan Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan, sektor perikanan menjadi salah satu komoditas unggulan di wilayah setempat.

Ia mengungkapkan, Kota Cantik memiliki potensi sumberdaya perikanan tangkap dan budidaya yang cukup besar. Potensi yang besar ini dapat dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan daerah.

"Oleh karena itu maka perlu disusun suatu strategi pengembangan yang bertujuan meningkatkan peranan sektor perikanan tangkap dan budidaya dalam pembangunan wilayah," katanya, Selasa 28 September 2021.

Beberapa kriteria yang mendasari pemilihan komoditas unggulan perikanan di antaranya merupakan komoditas yang eksisting  dan mempunyai volume produksi yang unggul serta mempunyai daya jangkau pemasaran yang luas.

Selain itu, perikanan juga mempunyai daya competitive advantage terhadap komoditi sejenis lainnya. Komoditas ini bahkan mampu memberikan jaminan keberlanjutan terhadap perkembangan produksinya.

"Selain itu perikanan mempunyai pasar yang jelas serta ada dukungan kebijakan pemeritah dalam kelayakan ekonomi dalam pengusahaannya," tutupnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru