Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswandoyo: Upaya Kesehatan Olahraga Untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan dan Kebugaran Jasmani

  • Oleh Ramadani
  • 29 September 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan, ada beberapa hal yang sudah diimplementasikan dalam upaya kesehatan kerja.

Di antaranya, pemberdayaan kesehatan pada pekerja sektor informal melalui Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK), Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dengan sasaran pekerja perempuan di perusahaan formal, kesehatan dan keselamatan kerja (P3K) fasilitas pelayanan kesehatan dan perkantoran serta pelayanan kesehatan kerja di era JKN.

“Upaya kesehatan olahraga adalah salah satu upaya kesehatan yang memanfaatkan aktivitas fisik, latihan fisik dan atau olahraga sesuai dengan kaidah kesehatan yang baik, benar, teratur dan terukur untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani,” terang Siswandoyo, Rabu, 29 September 2021.

Siswandoyo melanjutkan, sasaran program kesehatan olahraga ada di semua tingkatan mulai dari ibu hamil, anak sekolah, pekerja ASN, jemaah haji dan lansia sehingga perlu diupayakan semua tingkatan usia terdata tingkat kebugarannya melalui data di puskesmas, kabupaten dan provinsi.

Selain itu, jelasnya, upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, yang merupakan upaya dasar dalam meningkatkan prestasi belajar, kerja dan olahraga melalui peningkatan aktivitas fisik, latihan fisik, olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur.

Menurut WHO tahun 1995, kesehatan kerja adalah sebagai promosi dan pemeliharaan fisik, mental dan sosial dari pekerja, mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi kerja dan perlindungan pekerja dari resiko faktor-faktor yang mengganggu kesehatan.(RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru