Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala SMPN 3 Sampit Ingatkan Tata Krama di Era Digital

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 30 September 2021 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala SMPN 3 Sampit, Siti Hadijah menyampaikan pentingnya etika dalam era digital seperti sekarang. Ini agar tidak merugikan dan dirugikan orang lain. 

Etika yang baik dalam penggunaan teknologi saat ini salah satunya adalah dengan memahami, mematuhi hukum-hukum atau norma-norma yang berlaku dalam dunia maya.

"Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan para pengguna media sosial lainnya dan tidak menyebarkan privasi orang lain," ungkap Hadijah, dalam seminar dalam jaringan, Kamis, 30 September 2021. 

Menurutnya perkembangan internet yang begitu pesat maka perlu dibuat aturan-aturan atau etika beraktivitas dalam dunia maya tersebut. Apalagi mengingat pengguna internet berasal dari berbagai negara, bahasa, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda.

Tak dipungkiri setiap pengguna media sosial maupun kehidupan nyata memiliki pemikiran. Meski demikian, namun tetap diperlukan etika agar semuanya tetap berjalan harmonis. 

Selain menjaga etika, hendaknya pengguna media sosial atau internet bisa menghadirkan manfaat bagi yang lain. Seperti memberi komentar dan saran positif, serta mengakses hal yang baik-baik, juga termasuk beretika yang baik. 

"Etika ini berkaitan dengan sikap dan perilaku tata krama. Sedangkan digital berkaitan dengan sistem dan perangkatnya. Maka etika digital biasa dimaknai sebagai tata krama dalam memanfaatkan sistem digital untuk berbagai keperluan dan kepentingan,"tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru