Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawa Gadget ke Sekolah Berdampak Positif Bila Dimanfaatkan dengan Tepat

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Oktober 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sampit, Siti Hadijah mengatakan, membawa gawai atau gadget ke sekolah akan berdampak positif bila dimanfaatkan dengan tepat. Selain itu, juga dapat membantu proses belajar peserta didik. 

"Misalnya dapat membantu mencari informasi terkait yang diajarkan guru, dan juga sebagai alat komunikasi untuk melacak keberadaan siswa oleh orang tua," kata Hadijah, Jumat, 1 Oktober 2021.

Selain itu ujarnya, dapat berguna sebagai sarana pertukaran informasi materi belajar antarsiswa yang satu dengan lainnya dan menjadi gerbang pengetahuan siswa dalam memahami teknologi.

Kendati demikian, dampak buruk akibat membawa gadget juga jangan sampai diabaikan. Seperti menggangu fokus peserta didik dalam menerima pelajaran. 

"Siswa bisa tidak fokus menerima pelajaran, dapat menyebabkan kecanduan bermain, kurangnya interaksi sosial di dunia nyata, prestasi akademik menurun serta berkurangnya data otak dan daya ingat," bebernya. 

Penggunaan gadget pada pelajar memang kerap kali menjadi pro dan kontra bagi orang tua, terutama ketika pelajar membawanya ke sekolah. Oleh sebab itu, penggunaan gadget harus diberikan pemahaman yang baik dalam menggunakannya. Sehingga dampak negatif pada peserta didik dapat dieliminasi. 

"Di sini tidak hanya peran pihak sekolah atau guru saja diperlukan, namun juga peran orang tua, agar anaknya dapat mengerti dan memahami tata cara penggunaan gadget  yang bermanfaat," tandasnya.(USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru