Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Minta PLN Pindahkan Gardu Listrik di Lokasi Tugu Bundaran Longkang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Oktober 2021 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas PUPR Perkim meminta PT PLN Unit Layanan Pelanggan Tamiang Layang untuk memindahkan gardu listrik yang ada di lokasi pembangunan tugu Bundaran Longkang Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur.

Kadis PUPR Perkim, Yumail J Paladuk mengatakan pemindahan gardu dan beberapa tiang listrik harus dilakukan akibat berubahnya bentuk jalan dalam pembangunan tugu di kawasan itu.

"Kita sudah minta pihak PLN Tamiang Layang untuk memindahkan gardu listrik yang ada di jalan tersebut," ujar Yumail di kantornya, Jumat, 1 Oktober 2021.

Menurutnya,, dalam upaya pemindahan gardu dan tiang listrik tersebut, pemkab telah berkomunikasi dan menyepakati dengan PLN bahwa pemkab menyediakan tiang listrik, sementara untuk trafo, kabel serta pemasangannya diserahkan ke PLN.

"Misalnya nanti diperlukan 6 tiang untuk pemindahan gardu listrik tersebut, kebetulan pemkab punya aset itu nanti kita akan bantu siapkan," paparnya.

Yumail menjelaskan, jika tidak dipindahkan keberadaan gardu listrik di tengah jalan akan menggangu lalulintas serta merusak pemandangan di sekitar tugu yang nanti akan menjadi ikon Kota Tamiang Layang.

"Harapan kita PLN Tamiang Layang secepatnya memindahkan gardu tersebut agar pembangunan Tugu Bundaran Longkang ," katanya.

Terpisah, Manajer ULP PT PLN Tamiang Layang, Pandu saat dimintai tanggapan tidak menyampaikan keberatan atas permintaan pemindahan gardu dan tiang listrik. Namun dia menyebutkan bahwa biaya pemindahan ditanggung bersama.

"Untuk kesepakatan sudah ada dan untuk biaya semua terlibat, tidak hanya PLN saja," jawabnya singkat melalui pesan tertulis. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru