Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Penghubung Desa Pedalaman di Murung Raya Rusak Parah

  • Oleh ANTARA
  • 02 Oktober 2021 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kondisi jembatan terbuat dari kayu ulin penghubung Desa Batu Makap menuju Kelurahan Tumbang Kunyi, Kecamatan Sumber Barito di pedalaman Kabupaten Murung Raya rusak parah dan mengancam keselamatan warga.

"Kondisi jembatan yang hampir roboh itu dikarenakan salah satu tiang penyangga jembatan tersebut patah karena termakan usia," kata Borry, warga kelurahan Tumbang Kunyi, Jumat 1 Oktober 2021.

Akibat kerusakan ini, akses darat dari dan menuju Kelurahan Tumbang Kunyi atau arah sebaliknya tidak bisa dilalui, sehingga masyarakat terpaksa harus mencari alternatif jalan lain.

Ia menerangkan patahnya tiang penyangga jembatan yang terbuat dari bahan kayu itu terjadi Selasa (28/9) malam lalu dan sejak kejadian tersebut akses Desa Batu Makap menuju Kelurahan Tumbang Kunyi tidak bisa dilalui sehingga mobilitas warga menjadi terganggu.

Hampir robohnya jembatan itu menurut Borry, diduga karena tidak adanya perawatan dari pihak berwenang sehingga kayu penyangga jembatan yang terbuat dari ulin lapuk termakan usia dan akhirnya tiang penyangganya patah.

“Pascajembatan itu tidak bisa dilalui karena hampir roboh tersebut membuat akses keluar masuk orang dan barang di dua wilayah itu tidak bisa dilakukan, sedangkan jalur alternatif terpaksa warga menggunakan jalur Sungai Barito,” tambahnya.

Dikatakan, dengan menggunakan jalur transportasi air ini tentunya akan memakan biaya lebih tinggi dan ia berharap ada perhatian cepat pemerintah agar jembatan itu bisa diperbaiki, sehingga dapat dilalui kembali.

Menanggapi keluhan warga itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Murung Raya, Paulus K. Manginte mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penanganan terhadap jembatan tersebut.

“Kami sedang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya untuk penanganan dimaksud,” jelas Paulus singkat.

ANTARA

Berita Terbaru