Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Pemerintah Daerah Pacu Peningkatan Sektor Pertanian

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Oktober 2021 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jainudin Karim mendorong pemerintah provinsi, kabupaten dan kota supaya memacu peningkatan sektor pertanian untuk menciptakan ketahanan pangan.

Menurutnya sektor pertanian merupakan salah satu hal terpenting yang harus terus dipacu peningkatan dan perkembangannya agar Kalteng sendiri bisa mandiri dari segi pemenuhan kebutuhan pangan.

"Selama ini kebutuhan pangan kita sebagian besar didatangkan dari provinsi lain. Inilah yang harus bisa menjadi perhatian pemerintah supaya kita tidak selalu bergantung dengan provinsi lain dan memanfaatkan serta mengembangkan potensi pertanian di Kalteng ini," ucapnya, Sabtu 2 Oktober 2021.

Peran pemerintah dalam memacu peningkatan sektor pertanian di Kalteng sangat diharapkan. Contohnya seperti memberikan pelatihan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, bantuan bibit, pupuk atau alsintan melalui kelompok tani.

Selain itu dukungan pada pembukaan atau peningkatan akses infrastruktur jalan maupun jempatan menuju sentra pertanian juga perlu dilakukan, sehingga ke depannya akan memudahkan para petani dalam mengangkut hasil produksinya.

"Bila upaya ini dapat diwujudkan, bukan hal mustahil Kalteng akan maju pada sektor pertanian, dengan harapan kita tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan lokal saja, tapi juga bisa mendistribusikannya ke provinsi lain yang akan berdampak positif pada perekonomian daerah maupun masyarakat khususnya petani," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru