Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perhubungan Palangka Raya Raih Nilai Tertinggi Layanan Inovasi Daerah

  • Oleh Hendri
  • 04 Oktober 2021 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Layanan si-LaNciP milik Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya menempati peringkat pertama layanan inovasi daerah yang ikut dalam penilaian Innovative Government Award (IGA) 2021 dengan nilai kematangan 132.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan mengatakan, peningkatan layanan publik pada sektor perhubungan tersebut merupakan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Ini merupakan komitmen kita dalam melaksanakan visi dan misi Wali Kota Palangka Raya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya, Senin 4 Oktober 2021.

Alman menjelaskan, dalam penilaian inovasi daerah, program si-LaNciP mendapatkan poin tertinggi. Penilaian tersebut meliputi dari beberapa indikator seperti pendapatan asli daerah (PAD) dan indikator kepuasan pelanggan.

"Berdasarkan penilaian Litbang Kemendagri, si-LaNciP meningkatkan kepuasan publik sebesar 92 persen dan sukses menaikkan PAD," jelasnya.

Program si-LaNciP meliputi beberapa jenis layanan yang ada pada sektor perhubungan seperti Si- BUE (Sistem Bukti Uji Elektronik KIR), Si-GaTuR (Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas GRATIS), Si-TaKiR (Penataan Parkir).

Kemudian layanan Si-WasPeL (Pengawasan Pelabuhan), Trans-CanTiK(Pelayanan Bus Rapid  Transit/BRT GRATIS), IstiaDaT (e-Angkutan dalam Trayek), dan Si-AcEP (Unit Reaksi Cepat).

Diketahui Innovative Government Award merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya.

Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Yakni melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan perannya, serta peningkatan daya saing daerah. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru