Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelabuhan Internasional akan Dibangun di Ujung Pandaran Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2021 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelabuhan internasional rencananya akan dibangun di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Hal tersebut diketahui setelah Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, mengecek titik koordinat di laut sekitar Pantai Ujung Pandaran, beberapa waktu lalu. 

"Pak Gubernur Kalteng sudah cek titik koordinat rencana pembangunan pelabuhan laut," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Senin, 4 Oktober 2021. 

Pengecekan dilakukan karena ada beberapa titik di wilayah tersebut yang kedalamannya mencapai 9 - 12 meter. Dan itu dinilay layak untuk pembangunan pelabuhan internasional. 

"Di Indonesia sendiri, hanya di Banten saja pelabuhan yang memiliki kedalaman 25 meter. Sisanya kedalaman sekitar pelabuhan hanya 9 meter," kata Halikinnor. 

Pantai Ujung Pandaran memiliki potensi untuk menjadi pelabuhan laut internasional. Lokasinya sendiri sekitar 2 mil dari bibir pantai, setelah itu baru laut lepas. 

"Jika itu jadi dibangun, maka kapal dengan bobot hingga 60.000 ton bisa sandar," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru