Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Katingan Ingatkan Warga Waspadai Banjir Tahap 3

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Oktober 2021 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bencana banjir masih dirasakan oleh warga di Kabupaten Katingan.  Paslanya, sejak tiga hari terakhir sejumlah wilayah kecamatan di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim ini kembali terendam banjir.

Banjir kali ini adalah tahap ketiga setelah sebelumnya yakni pertengahan Agustus 2021 dan awal Setember 2021 banjir besar akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba itu mengakibatkan 10 wilayah kecamatan terdampak.

Terkait bencana banjir yang kembali melanda melanda beberapa wilayah kecamatan di bagian hulu ini, Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah, Senin 4 Oktober 2021 mengimbau kepada warga masyarakat terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan agar selalu waspada. 

"Bencana banjir kembali melanda sejumlah wilayah kecamatan terutama bagian hulu sejak tiga hari terakhir,  dan kami megimbau masyarakat mewaspadai banjir kali ini," katanya.  Banjir ini tidak dapat diprediksi, apalagi untuk dijadwalkan. 

"Melainkan karena alam yang mau tidak mau dan siap atau tidak kita menerima, tapi tetap waspada," ujar politisi Partai Golkar ini. 

Terkait bantuan untuk warga terdapak bencana banjir ini, DPRD bersama Pemkab Katingan telah menganggarkan dana kebencanaan.

Bahkan dari Rp 10 miliar ditambah Rp 9 miliar pada APBD perubahan yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu, sehingga dana yang disediakan untuk masalah kebencanaan ini mencapai Rp 19 miliar. 

Dana itu memang untuk mengantisipasi bencana baik banjir maupun lainnya atau yang biasa disebut dana tak terduga. 

"Jadi berdasarkan aturan, dana itulah rencananya yang bisa kita bantukan kepada saudara-saudara kita yang terdampak banjir," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru