Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Diperkirakan Ada Lebih 3 Ekor Buaya Berkeliaran di Sungai Sapihan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Oktober 2021 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit memperkirakan ada lebih dari 3 ekor buaya di Sungai Sapihan, Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Warga pun diingatkan untuk selalu berhati-hati. 

"Berdasarkan keterangan dari warga sekitar, buaya yang ada di sungai itu lebih dari satu ekor, kemungkinan ada sekitar 3 sampai 4 ekor,” ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Senin, 4 Oktober 2021.

Muriansyah membeberkan ada dua jenis buaya di lokasi tersebut, yakni buaya muara dan buaya sapit atau sinyulong. Buaya-buaya tersebut memiliki ukuran berbeda. Di bagian hilir sungai diperkirakan ada buaya yang berukuran cukup besar mencapai 3 meter. Sedangkan di bagian hulu, berukuran 1,5 meter sampai 2 meter.

"Di hilir, sekitar muara sungai terdapat jenis buaya muara dengan perkiraan panjang 3 meter.  Kami sudah pasang jerat dan pancing di lokasi itu,” katanya.

Belum lama ini, Syahran, salah seorang warga setempat menjadi korban keganasan buaya. Syahran nyaris saja dimangsa oleh predator yang diyakini sudah hidup dari zaman prasejarah itu. 

BKSDA Pos Jaga Sampit telah  berusaha mengatasi hal tersebut dengan memasang pancing dan jerat untuk menangkap buaya. Namun upaya belum membuahkan hasil. 

"Tak bosan kami ingatkan agar warga meningkatkan kewaspadaan saat menjalani berbagai aktivitas dekat dengan sungai. Selain itu juga kami berharap warga dapat menjauhkan kandang ternak dari sungai dan tidak membuang sampah seperti bangkai hewan ke sungai. Terpenting kita hilangkan penyebab dulu. Karena kalau penyebabnya tidak dihilangkan, walau buaya tertangkap, akan bermunculan lagi, " tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru