Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMPN 9 Siap Hadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Oktober 2021 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - SMPN 9 Sampit siap melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan besok, 6 Oktober 2021.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan ANBK tersebut. Di antara mulai dari persiapan komputer maupun peserta didik yang mengikutinya," kata Kepala SMPN 9 Sampit, Supriyono, 5 Oktober 2021. 

Di sekolah tersebut ada 50 pelajar yang mengikuti ANBK dan 5 orang sebagai cadangan sesuai dengan aturan pemerintah. 

Menurutnya yang menentukan 50 pelajar tersebut langsung dari Kementrian melalui penarikan data sistem acak. Khusus kelas 8 penentuannya pada waktu siswa kelas 7.

Supriyono menjelaskan ANBK bukan untuk dinyatakan lulus atau tidaknya namun hanya survei tentang pendidikan karakter dan lingkungan.

"Guru dan kepala sekolahnya juga ikut, kalau guru dan kepala sekolah namanya survei lingkungan," ungkapnya.

Pihaknya telah siap mengikuti penilaian tersebut. Bahkan sebagai bahan untuk mengikuti ANBK, peserta didik sudah dipinjamkan buku sejak satu bulan yang lalu untuk dipelajari 

"Untuk itu saya beharap kepada pelajar yang ikut agar menjaga stamina dan belajar dengan sungguh untuk menghadapi ANBK ini, kerjakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Dia berpesan agar pelajar membaca dan mengikuti peraturan dan petunjuk yang berlaku dalam pelaksanaan ANBK. Serta, jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal.

"Karena ANBK ini termasuk penilaian yang sedikit banyak juga menentukan mutu pendidikan yang diselenggarakan selama ini. Lebih-lebih di masa pandemi saat ini," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru