Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kapuas Terima Kunker Dinas Dukcapil Kobar Bahas Pengelolaan Arsip

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Oktober 2021 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas telah menerima kunjungan kerja dari Dinas Dukcapil Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kapuas, Sipie S Bungai, didamlingi beberapa kepala bidang menerima langsung kunjungan dari Dinas Dukcapil Kobar.

Sipie sangat senang menerima kunjungan kerja tersebut, dan membahas beberapa hal terkait pengelolaan arsip digital. Saat ini ini pihaknya masih sama-sama belajar, karena untuk aplikasinya sendiri juga masih belum di sahkan.

"Pengelolaan arsip digital Dinas Dukcapil menggunakan aplikasi google drive yang mudah diakses oleh semua pegawai dimanapun dan kapanpun," katanya, Rabu 6 Oktober 2021.

Melalui aplikasi google drive, semua file dalam bentuk Ms Word, Ms. Excell, Ms PPT, JPEG, PDF, maupun dalam bentuk video dapat secara mudah diarsipkan.

Arsip digital oleh Disdukcapil Kapuas meliputi arsip dokumen 5 bidang pada Dinas Dukcapil Kapuas yaitu bidang sekretariat, bidang pelayanan pendaftaran penduduk, bidang pelayanan pencatatan sipil, bidang pengelola informasi administrasi kependudukan dan bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.

"Semua dokumen yang diarsipkan secara digital pun dapat mempermudah pencarian maupun modifikasi terhadap dokumen tersebut, arsip digital melalui google drive juga dilengkapi fitur-fitur keamanan, sehingga mudah, aman, efektif dan efesien," jelasnya.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil Kobar, M. Rudyansyah menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka kaji banding pengelolaan arsip digital pada Disdukcapil Kabupaten Kapuas.

“Kami melihat bahwasannya Disdukcapil Kapuas pada tanggal 17 Agustus 2021 menerima penghargaan sebagai perangkat derah pengelola arsip digital terbaik se Kabupaten Kapuas, dan langsung di posting di informasi Kemendagri RI oleh Dirjen Adminduk Bapak Zudan, oleh karena itu kami segera ditugaskan oleh kepala Disdukcapil Kobar untuk melakukan kaji banding terkait pengelolaan arsip digital ini," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru