Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Elang Bondol Sudah Jarang Terlihat di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 07 Oktober 2021 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan elang bondol di Kotawaringin Timur, kini sudah sangat jarang terlihat. Biasanya, elang jenis ini sering muncul di kawasan pesisir kabupaten itu. 

"Hanya beberapa kali kami lihat di sekitar Ujung Pandaran. Kalau sebelumnya masih sering terlihat di bantaran Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, dan Teluk Sampit," ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 7 Oktober 2021. 

Muriansyah menjelaskan, sekitar 5 tahun belakangan, elang bondol sudah jarang terlihat di wilayah itu. Elang bondol sebetulnya bukan hewan endemik di Kalimantan, namun beberapa tahun lalu keberadaanya masih ada di Kotawaringin Timur. Tapi kini, statusnya sudah menjadi salah satu hewan yang terancam punah. 

Sebab itu, burung dengan nama latin Haliastur Indus tersebut menjadi salah satu dilindungi oleh negara berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Semua elang dilindungi oleh negara. Salah satunya elang bondol ini ,” katanya.

Sebelumnya, BKSDA Pos Jaga Sampit melakukan serah terima seekor burung elang bondol dari salah seorang warga di Jalan Pramuka, Sampit, Kotawaringin Timur. Elang tersebut sempat dirawat oleh warga selama empat tahun, lalu diserahkan ke BKSDA untuk dilepasliarkan ke habitat aslinya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru