Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Kotim Gagas Integrasi Internet Guna Efesiensi Anggaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Oktober 2021 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur menggagas integrasi internet sebagai langkah efesiensi anggaran diseluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Kami sudah melakukan diskusi bersama seluruh perwakilan SOPD hingga pihak kecamatan, terkait integrasi internet dan saat ini sedang kami susun untuk masukan kepada Bupati Kotim," ujar Kepala Diskominfo Kotim, Multazam, Kamis 07 Oktober 2021.

Dia menerangkan integrasi internet didiskusikan, karena saat ini belanja internet seluruh SOPD di Kotim sangat besar. Bahkan dalam 1 buah SOPD bisa mencapai Rp400 juta.

Hal itulah yang menjadi perhatian pihaknya. Dengan memunculkan trobosan integrasi internet. Karena, semua terpusat dan bisa menyesuaikan kebutuhan internet di SOPD.

"Misalnya di SOPD membutuhkan internet 10 MBps, maka tidak pelu membeli 20 MBps sesuai sistem paket, karena 10 MBps yang tersisa akan mubajir," katanya.

Hal itulah nantinya yang akan diatur melalui integrasi internet, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberikan akses internet gratis terhadap masyarakat yang disiapkan di beberapa tempat umum nantinya.

Sementara integrasi internet, biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp1,8 miliar hingga Rp 2,6 miliar. Jumlah ini masih lebih murah dibandingkan belanja internet setiap SOPD.

"Manfaatnya juga lebih besar, karena penggunaan internet lebih efektif, integrasi layanan data, bahkan mempermudah koordinasi dan komunikasi terhadap seluruh SOPD dan kecamatan," terangnya.

Integrasi internet juga sebagai langkah untuk menuju smart city. Meski begitu pihaknya masih menunggu persetujuan dari pimpinan daerah. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru