Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Bersama Anaknya Berkeliaran di Kebun Warga Desa Bapanggang Raya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 07 Oktober 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor induk orangutan bersama seekor anaknya berkeliaran di kebun buah milik warga di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis, 7 Oktober 2021. Keberadaan orangutan tersebut sempat diabadikan warga. 

"Ada dua ekor orangutan, 1 induk  dan 1 anak, berkeliaran di sekitar kebun," kata Ambrullah, warga sekitar.  

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengungkapkan, di hari yang sama ada 2 laporan gangguan orangutan yakni di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dan Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang. 

"Gangguan di Tanah Mas dilaporkan warga melalui media sosial, sedangkan Desa Bapanggang Raya kami dihubungi via telepon," katanya. 

Menanggapi laporan itu, BKSDA akan melakukan observasi satu per satu. "Segera kami lakukan observasi, sore ini juga kami akan ke Tanah Mas," ujarnya. 

Observasi penting dilakukan pihak BKSDA guna menentukan langkah selanjutnya, seperti evakuasi maupun upaya penyelamatan lainnya. 

Muriansyah mengimbau warga berhati-hati saat berada di kawasan sekitar kemunculan satwa liar. Apalagi sampai menggangu dengan melakukan kontak fisik, sebab membahayakan satwa dan juga keselamatan dari warga itu sendiri. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru