Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Ajak Masyarakat Lestarikan Bahasa Asli Daerah

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Oktober 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mengajak masyarakat supaya dapat melestarikan bahasa asli daerah.

Dia mengatakan, saat ini bahasa daerah sering kali hanya terdengar dalam lingkup terbatas. Seperti di rumah, pekan kebudayaan, pedesaan, serta moment tertentu lainnya.

"Di zaman seperti sekarang, kebanyakan kaum muda selain memahami bahasa Indonesia. Malah lebih sering menggunakan bahasa pergaulan dan bahasa asing, ketimbang bahasa daerahnya," kata Rusita Irma, Jumat, 8 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, menguasai bahasa asing tidak ada salahnya dan memang dapat memberikan dampak positif dari segi ekonomi, politik, serta kemudahan dalam berinteraksi dengan orang luar.

Meski demikian, hal tersebut juga memberikan dampak negatif terhadap hilangnya jati diri dari segi penggunaan bahasa asli daerah yang mencerminkan budaya.

Terlebih lagi saat ini, sesama suku juga keseringannya lebih banyak menggunakan bahasa daerah lain atau Indonesia, ketimbang menggunakan bahasa daerah Kalteng.

Oleh karenanya, bahasa daerah yang merupakan warisan budaya leluhur masa lampau harusnya wajib terus dilestarikan, sehingga tidak hilang ditengah perkembangan zaman.

"Jadi mari sama-sama kita lestarikan bahasa daerah yang sudah menjadi jati diri kita. Jangan sampai hal itu dengan mudah dilupakan. Boleh-boleh saja menguasai bermacam berbagai bahasa, tapi jangan sampai lupakan bahasa daerah kita sendiri," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru