Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Buka Posko Pemutakhiran Data Pemilih pada Vaksinasi Massal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Oktober 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Barito Timur membuat inovasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan atau PDPB dengan membuka posko pada vaksinasi covid-19 massal di RSUD Tamiang Layang, Jumat, 8 Oktober 2021.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Barito Timur, Anugrahadi mengungkapkan, pembukaan posko tersebut dilakukan bekerja sama dengan RSUD Tamiang Layang.

"Posko PDPB ini merupakan respon kami atas masukan peserta Rakor PDPB Triwulan III bulan September lalu untuk menjawab tantangan sekaligus inovasi layanan PDPB menyikapi kurangnya minat dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pemutakhiran data mandiri melalui media daring seperti media sosial, website KPU, Google Form maupun layanan hotline," ujar Anugrahadi.

Menurutnya, setiap peserta vaksinasi yang telah memiliki KTP-El akan melewati posko PDPB untuk melakukan pengecekan data diri dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Jika belum terdaftar maka petugas akan mendaftarkan sebagai pemilih baru sesuai identitas diri yang bersangkutan.

"Kalau sudah terdaftar, petugas tetap mengecek untuk memastikan elemen data dalam DPT sudah sesuai dengan identitas dirinya," lanjut Anugrahadi.

Petugas di posko juga akan meminta informasi keluarga peserta vaksinasi yang belum terdaftar di DPT atau sudah tidak memenuhi syarat (terutama yang meninggal dunia dalam 8 bulan terakhir) sebagai pemilih dan dilakukan pemutakhiran dengan mengisi formulir pelaporan yang disediakan petugas.

Anugrahadi menjelaskan, bagi masyarakat lain yang anggota keluarganya juga mengalami perubahan elemen data seperti meninggal dunia, berstatus TNI Polri, pindah alamat atau telah memenuhi syarat sebagai pemilih, dapat melapor secara mandiri melalui Google Form : http://bit.ly/33qmVeR atau Hot Line : 082352527207.

Dia juga mengimbau kepada pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, parpol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda agar berpartisipasi dalam mensosialisasi PDPB kepada masyarakat luas.

"Tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur RSUD Tamiang Layang yang memberikan dukungan dan memfasilitasi pembukaan Posko PDPB pada kegiatan vaksinasi massal dan berharap dukungan ini dapat berkelanjutan," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru