Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan di Bapanggang Raya Sudah Berbulan-bulan di Kebun Karet Warga

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 09 Oktober 2021 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Desa Bapanggang Raya,  Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur, Syahbana mengungkapkan orangutan yang muncul di lokasi tersebut sudah berbulan-bulan menetap di kebun karet warga sekitar. 

"Sudah sekitar 3 bulan ini," ungkap Syahbana, Sabtu, 11 Oktober 2021. 

Orangutan yang terdiri dari 1 induk dan 1 anaknya itu tak mau jauh dari kebun karet warga dan membuat sarang di atas pohonnya. 

Orangutan ini betah diduga karena di sekitar lokasi banyak kebun buah warga. Selain itu perpindahannya juga terkendala karena ada anak di sekitarnya. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit telah melakukan observasi keberadaaan  orangutan di desa itu, Jumat, 8 Oktober 2021.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rescue atau penyelamatan terhadap 2 ekor orangutan itu. 

"Hasil observasi, kami akan segera rescue dan translokasi," kata Muriansyah. 

Sebelumnya, keberadaan orangutan di kawasan itu dilaporkan ke BKSDA Pos Jaga Sampit. Dua ekor orangutan, terdiri induk dan anak berkeliaran di kebun warga. Sehingga membuat warga sekitar resah dan berharap agar segera dilakukan penyelamatan sebelum terjadi konflik dengan manusia. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru