Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Melanda, Warga Katingan Ramai-ramai Tangkap Ikan Saluang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Oktober 2021 - 18:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bencana banjir yang kembali melanda sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir dimanfaatkan sebagian warga untuk menangkap ikan. 

Namun paling banyak warga menangkap ikan jenis saluang dan banta yang ukuran ikannya paling besar sebesar jari kelilingking orang dewasa.

Biasanya saat air pasang atau banjir juga dibarengi dengan munculnya ikan jenis saluang dan banta ini, baik di anak sungai maupun pekarangan rumah yang kebanjiran.

Di Kasongan tempat mencari atau menangkap ikan jenis saluang ini di antaranya di Jalan Trans Kalimantan Km 1 arah Kasongan - Kereng Pangi, tepatnya di sekitar sebuah jembatan, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Puluhan warga tampak mencari ikan dengan beberapa alat tangkap seperti rengge dan pasat. Selain itu juga berada di tepi jalur jalan ini hingga ke wilayah Desa Telangkah, tidak jarang ditemukan warga berkerumun dengan masing-masing alat tangkap mencari ikan saluang.

Ikan saluang yang ukurannya kecil sejauh ini diminati oleh banyak orang untuk dikonsumsi, seperti digoreng, dibuat rempeyek dan dimasak tanak khas warga Dayak.

Pasalnya, ikan jenis ini rasanya enak dan gurih, dan dapat dimakan langsung dengan kepala dan tulangnya karena ukurannya kecil seperti ikan teri.

Puluhan warga yang mencari ikan salung ini sebagian  besar untuk dijual.Sebagian lain untuk dikinsumsi sendiri dan untuk sekadar hiburan.

Penjualan ikan salung ini cukup mudah, karena selain dipasarkan di sekitar tempat menangkap, juga tidak jarang pengepul datang baik dari wilayah Kasongan dan sekitarnya seperti Kereng Pangi.

"Kita sudah tiga hari ini menjual ikan saluang di sini, kalau yang sudah dibersihkan daeinkotorannya sekilonya kita jual Rp 40 ribu, tapi yang belum dibersihkan iita jual Rp 30 ribu per kilogram," ujar Ely, salah satu penjual ikan saluang.

Madi, salah satu pencari ikan saluang menuturkan dirinya turut mencari ikan sejak tiga hari terakhir seiring debit air meningkat.

"Ya lumayan, selain untuk konsumsi sendiri ikan saluang hasil tangkapan kita juga kita jual, banyak pengendara yang singgah membeli ikan  di sini baik arah Sampit naupun Palangka Raya," ujarnya.

Dari informasi yang diperolleh, tidak hanya di wilayah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir dan sekitarnya warga ramai-ramai menangkap ikan, namun juga di beberapa wilayah kecamatan lainnya, terutama yang masih dilanda banjir juga banyak warga mencari ikan terutama jenis saluang ini. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru