Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Penyalahgunaan, Sie Propam Polres Kobar Laksanakan Pengecekan Senpi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Oktober 2021 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seksi Profesi dan Pengamana (Sie Propam) Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pemeriksaan senjata api (Senpi) yang digunakan oleh personel di lapangan. Pemeriksaan ini bertujuan mengantisipasi munculnya kasus penyalahgunaan Senpi yang berdampak hukum.

Pemeriksaan senpi organik milik Polres Kobar dipimpin oleh Kasie Propam Iptu Isbenu Raharja bersama personel Propam di halaman mapolres, Sabtu 9 Oktober 2021.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kasie Propam Iptu Isbenu mengatakan pengecekan ini terkait kelayakan personel pemegang senpi maupun senpi yang dipinjam pakai agar selalu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Menindaklanjuti arahan pimpinan sehingga pagi ini Siepropam Polres Kobar melakukan pemeriksaan senpi inventaris baik terhadap pemegang perorangan maupun yang ada di penjagaan," ujarnya.

Pemeriksaan ini meliputi kondisi senpi, jumlah amunisi dan kepemilikan Surat Ijin Memegang Senjata Api (SIMSA), hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya penyalah gunaan senjata api dinas, serta penginventarisiran secara berkala.

"Dengan adanya pemeriksaan ini dapat meminimalisir penyalahgunaan senjata api dan personil yang memegang senjata api dan harus bertanggung jawab karena senpi merupakan alat negara yang kita pakai," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru