Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menggali Warisan Sejarah dan Peradaban Terpendam di Sanliurfa Turki

  • Oleh ANTARA
  • 10 Oktober 2021 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sanliurfa - Sanliurfa mungkin tak terlalu santer didengar menjadi salah satu destinasi wisata ketika mengunjungi Turki.
 
Namun, siapa yang menyangka bahwa Sanliurfa memiliki banyak warisan sejarah dan budaya yang unik dan kaya. Terletak di Mesopotamia utara, Sanliurfa adalah tujuan yang harus dilihat oleh para pelancong di tenggara Turki.

Pemerintah Turki sendiri kini mendorong provinsi ini untuk lebih dilirik oleh para pengunjung terutama dari mancanegara yang tertarik untuk menggali warisan sejarah dan peradaban manusia.

Para arkeolog dan penggali di situs bersejarah Gobeklitepe di Sanliurfa, Turki. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Para arkeolog dan penggali di situs bersejarah Gobeklitepe di Sanliurfa, Turki. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Berikut adalah rangkuman dari sejumlah tempat bersejarah dan kaya akan budaya di salah satu provinsi terbesar di tenggara Turki.

Göbeklitepe
Sejak 11.500 tahun yang lalu, Göbeklitepe terletak 15 km timur laut Provinsi Sanliufra. Tempat ini kerap disebut sebagai "rumah bagi "kuil tertua di dunia", dan merupakan salah satu pusat terpenting dari periode Neolitik yang diketahui di dunia.

Komunitas yang hidup dalam keajaiban kuno ini, beralih dari berburu, lalu mengumpul ke sedentisme, dan membangun struktur megalitik yang monumental. Pilar batu kapur berbentuk T yang terletak di tengah struktur adalah salah satu manifestasi pertama dari arsitektur monumental buatan manusia.

Monumen-monumen tersebut diyakini telah digunakan selama acara sosial dan ritual. Tiang-tiang yang beberapa di antaranya setinggi 5,50 meter ini dihiasi dengan penggambaran hewan liar, pola geometris, dan sedikit penggambaran abstrak manusia.

Beberapa artefak dari situs bersejarah Karahantepe yang dipamerkan di Museum Arkeologi Sanliurfa, Turki. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Beberapa artefak dari situs bersejarah Karahantepe yang dipamerkan di Museum Arkeologi Sanliurfa, Turki. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Tertulis dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2018, Göbeklitepe yang misterius dan mengesankan menjanjikan pengunjung perjalanan waktu kembali ke periode yang paling tidak diketahui dalam sejarah manusia.

"Simbolisme dan penggambaran pada monumen di Gobeklitepe memberi tahu kita tentang kompleksitas masyarakat prasejarah saat ini," kata arkeolog sekaligus dosen peneliti arkeologi prasejarah di Institut Arkeologi Jerman di Istanbul, Dr. Lee Clare.

Karahantepe
Karahantepe adalah salah satu situs terbaru di Sanliurfa. Terletak di Taman Nasional Gunung Tek Tek, Karahantepe pertama kali ditemukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh arkeolog Jerman Klaus Schmidt selama survei permukaan pada tahun 1997.

Berita Terbaru