Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Swab Negatif, Orangutan di Desa Bapanggang Raya Langsung Dibawa ke Pangkalan Bun

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 10 Oktober 2021 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit — Hasil tes swab antigen pada orangutan yang dievakuasi Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dipastikan negatif. Sehingga bisa langsung dibawa seksi wilayah konservasi II Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. 

"Hasilnya negatif," ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Minggu, 10 Oktober 2021 

Muriansyah mengatakan, orangutan tersebut saat dievakuasi langsung diperiksa kesehatannya. Saat itu, orangutan dinyatakan sehat. 

BKSDA berhasil mengevakuasi dua ekor orangutan, induk serta anaknya yang sudah berkeliaran di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sabtu sore, 9 Oktober 2021. 

Orangutan itu terpantau warga berada di lokasi sekitar kebun karet sudah sekitar 3 bulan lamanya. Keberadaanya pun membuat warga resah. Bahkan sejumlah warga sempat menembaki orangutan itu menggunakan senapan angin. 

"Kami sudah peringatkan warga hal itu tidak boleh dilakukan. Namun akhirnya warga melaporkan kepada kami, setelah observasi kami putuskan rescue atau penyelamatan bersama Orangutan Fondation Internasional (OFI)," kata Muriansyah. 

Jika semua hasil pemeriksaan kesehatan dan yang lainnya memungkinkan, orangutan ini nantinya akan dilepasliarkan ke Taman Nasional Tanjung Puting atau Suaka Margasatwa Lamandau. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru