Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pria Ini Oplos Pertalite Jadi Premium agar Untung Banyak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Oktober 2021 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pria berinisial HS alias Santo (40) diringkus jajaran Polsek Ketapang, karena nekat mengoplos Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi premium atau bensin. Hal itu dilakukan untuk meraup keuntungan. 

"Biasanya pengoplosan yang ditemukan yakni dari premium dijadikan pertalite atau pertamax. Namun pria ini unik, dia mengoplos pertalite menjadi premium, yang harganya lebih murah," ujar Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, saat ekspos kasus tersebut, Senin 11 Oktober 2021. 

Hal tersebut dilakukan oleh pelaku karena banyak permintaan BBM premium ketimbang pertalite. Sementara pengoplosan dilakukannya dengan cara mencampurkan zat kimia yang digunakan untuk bahan pemutih air. 

Bubuk pemutih air dicampurkan ke pertalite dan diaduk secara merata. Setelah itu dibiarkan beberapa menit, hingga pertalite berubah warna seperti premium. 

"Yang dirubah tersebut hanyalah warnanya, sehingga sama dengan warna premium," katanya. Sementara di Kotim sendiri sudah tidak ada lagi premium dijual. Baik di SPBU maupun eceran.

Sedangkan di wilayah pedesaan, premium paling banyak dicari masyarakat, dibandingkan pertalite. Hal itulah yang jadi alasan pelaku mengoplos. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru